Sunday, April 21, 2013

Generasi Pelurus Bukan Penerus



“Welcome to Bloggers Shout Out Community”, kataku pada diriku sendiri. Apa itu BSO? BSO adalah sebuah komunitas para blogger yang direkomendasikan oleh temanku Pandu Wijaya Saputra. Dan well done, setelah aku membaca homepage komunitas ini, aku berfikir satu hal, “It’s really great”, kenapa? Karena visi misinya jelas, berbeda dengan komunitas blogger lainnya yang terhitung kurang disiplin meski banyak yang mengatakan ‘kedisiplinan’ itu tak jauh berbeda dengan ‘keribetan’. Komunitas ini memang ‘agak’ sedikit mengikat dan tegas. Bagaimana tidak, baru bergabunga saja langsung segambreng peraturannya. Haha.
Salah satunya adalah harus langsung membuat postingan pre-project ini yang isinya harus mempromosikan BSO. Tapi gak papa, emang layak dipromosiin juga kok. Selain itu setiap bulannya komunitas ini punya project khusus. Ini ya aku kutip salah satu kewajiban seluruh member di komunitas ini, “Berperan aktif dan mengikuti Blogger Campaign secara rutin setiap bulannya, penuh semangat, dan pastinya tepat pada waktu yang sudah ditentukan.”
Kemudian ada konsekuensinya juga :
1.       Pelanggaran pertama, akan diberikan peringatan
2.       Pelanggaran kedua, akan dikeluarkan #glek
Trus ada juga adminnya bilang gini, “Admin akan melakukan BLOG INSPECTION pada tanggal 2 setiap bulannya untuk memastikan kelengkapan kewajiban. Yang belum lengkap sampai tanggal 2, akan ter-kick out oleh admin.” #jleb
Makanya aku langsung buka netbook trus nulis pre-project ini, emang sih masih ada waktu sampe tanggal 2, tapi disempet2in sekarang aja deh, ntar setelah UTS bawaannya pasti pengen leye2 doang gara2 badan udah remuk redam. Hha.
Kembali ke pre-project, satu-satunya alasan paling masuk akal kenapa aku bergabung disini karena pas masukin keyword di pencarian google, “Komunitas Blogger Islami Indonesia”, dan hasilnya jengjeng gak ada yang aktif. Emang ada beberapa yang bikin, tapi gak up to date, jadi rasanya percuma kalo masuk.
Moga aja dengan bergabung di BSO ini, bisa bareng2 blogger yang lain menjalankan visi misi “Mencerdaskan Bangsa dengan Cara yang Cerdas” dan untuk Blogger Campaign, penulis akan berusaha tetap membawa unsur kutuhanan dalam setiap tema yang diusung oleh komunitas ini. Bukankah Tuhan pasti ada dalam setiap lini kehidupan? (^_^)
Kembali ke visi misi “Mencerdaskan Bangsa dengan Cara yang Cerdas”, penulis akan membuat satu perumpamaan, jika kebobrokan suatu bangsa itu bersumber dari individu masing2 yang berada di dalamnya, maka penulis akan mempersempit kemungkinan itu lagi, sesuai sabda Rasulullah SAW, “Ada satu gumpalan daging dalam diri manusia, apabila ia baik maka baiklah seluruhnya, apabila ia buruk maka buruklah seluruhnya, dan daging itu adalah hati.” Jadi dapat kita simpulkan bahwa kebobrokan suatu bangsa tak lepas dari hati masing2 individu yang membentuk sistem bangsa tersebut.
Kemudian belum sampai disitu saja, coba pembaca sekalian membayangkan bentuk hati yang sering digambarkan orang2. Kadang hati tersebut diberi sayap pada kedua sisinya bukan? Tentu saja sepasang, satu di kiri dan satu di kanan. Maka penulis mengumpamakan bahwa sayap yang satu adalah suatu pembinaan yang berlandaskan Al-Quran dan hadits atau kita sebut sayap tarbiyah, kemudian sayap yang lain adalah media dan informasi. Bagaimana tidak? Bukankah di dunia dewasa ini, ada Tuhan baru bernama media? Masha Allah. Dan hal yang lebih penting lagi adalah, tampuk tanggungjawab mengenai bangsa ini ada di pundak kita, para pemuda. Karna kita harus menjadi generasi pelurus bukan generasi penerus. Emang mau jadi penerus oom2 dan tante2 yang tak layak menjadi suri tauladan? Think about that guys!
Maka dengan segala kerendahan diri mengharap karamah dari Allah SWT. Penulis berharap dengan wadah Bloggers Shout Out ini dapat dijadikan suatu amal jariyah dalam menyebarkan kebaikan langit melalui media dan informasi. Sehingga kita semua para pemuda mampu terbang dan semakin melebarkan kedua sayap kita untuk merangkul lebih banyak orang lain lagi untuk terbang dengan seimbang menuju rumah kita di langit sana. Amiin.
Penulis akhiri tulisan ini dengan sebuah kutipan hadits dan ayat Al-Quran sebagai perenungan bagi seluruh pembaca bahwa kebaikan apapun yang kita lakukan akan bernilai di sisi-Nya, insyaAllah.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Buraidah bin Hashib ra bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan (mendapat pahala sama) seperti orang yang melakukannya.” (HR Ahmad)
Oleh karena itu, Allah SWT berfirman :
“Siapakah yang lebih baik perkataanya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang shaleh, dan berkata, ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’.” (Fushshilat ayat 33)
So, dengan sangat persuasif penulis ingin mengatakan, Let’s join us in Bloggers Shout Out, barakallah guys (^_^)

16 comments:

  1. Kereeeen... ini keren~!
    Ayo gabung BSO, selain ilmunya dapet, pahalanya juga dapet. Udah saatnya kita semua blogger kreatif nggak cuma nampang buat diri sendiri, tapi juga nampang karena ada tujuan mulia yg hendak kita bawa. Pengetahuan yg positif yang bisa berguna buat generasi penerus bangsa and negara.

    Ayo hijaukan dunia maya~

    Btw, selamat bergabung yaaa... moga betah and terus semangat! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. inspirasinya aja dari Yang Maha Keren :D

      siiph, akur kalo gitu, ganbatte, hamasah!!!

      makasih jg udha diterima gabung, insyaAllah betah n tetep semangkA (^_^)

      Delete
  2. Ya.. aku baru baca ini. Pre-project yg religius,
    mulai sekarang BSO mesti bener2 bawa perubahan nih...kita buat dobrakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo rame2, kepakin sayap yg seimbang lebih luas lagi (^_^)
      thanks kunjungannya :)

      Delete
  3. semangka oyi...

    mari kita sebarkan virus-virus positif

    keknya ini namanya "berpahala dengan keren"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekeren abang pewe, haha
      nah, berhubung pandu yg ngajakin gabung di BSO, setelah ini tulisan2 yii ada jariyahnya jg ke pandu insyaAllah :D

      Delete
  4. aaaaaaaaaaakk subhanallah.. kereeeeeeeen pre-projectnya...
    selamat bergabung cantik. salam kenal yaaak :)
    mengutip kata katanya mas glen, ayo hijaukan dunia maya!
    mari kita saling berbagi kebaikan dengan tulisan di blog. semangaaaaaaaaaat!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, moga bermanfaat (^_^)

      salam kenal jg ukh :D

      Delete
  5. Ini sekalian Kajian Ahad pagi nih,
    Selamat bergabung di BSO,

    Salam SOlid
    ZaenuriAchmad.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. jd gak sabar tema campaign kita ntar (^_^)

      makasih yah :D

      Delete
  6. siiipp!!! tujuan ketiga ane gabung di BSO dapat tercapai melalui blogger dengan jenis postingan bernada seperti ini.

    salam kenal, SALAM SOLID

    HERR BSO!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg brother (^_^)
      moga BSO makin solid lagi dan lagi :D

      moga tujuannya kecapai semua yah :)

      Delete
  7. Ini deh enaknya gabung di bso, ketemunya orang baru jenis baru lagi. wkwkwk. selamat bergabung dan salam solid :D

    ReplyDelete
  8. Salam kenal ya gue juga anak BSO baru, salam solid :)

    ReplyDelete